Senin, 23 Oktober 2017

service laptop panggilan semarang(3) 085643563591

selasa,24 oktober 2017

Cara Praktis Maintenance (Perawatan )Laptop
Bicara mengenai IT pasti tidak pernah terlepas dengan yang namanya Laptop. Karna laptop sudah menjadi teman dari seorang anak IT. Menganggap laptop sebagai teman  berarti harus memperhatikan bagaimana cara merawat atau maintenance sebuah laptop. Jadi seorang anak IT harus tahu bagaimana cara mengganggap Laptop sebagai teman. Nah kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara menganggap laptop sebagai teman dengan cara merawat atau maintenance laptop.
Maintenance atau perawatan yaitu aktivitas untuk mencegah kerusakan.
Mantenance laptop sendiri terdiri dari dua yaitu:
1.     Maintenance Hardware
Menjaga performa dari hardware lebih mudah dari pada software karena apa yang terjadi nampak di depan mata. Tidak perlu bantuan software yang penting jaga kebersihan dri laptop/pc dari debu karena musuh utamanya adalah debu.
  • Jaga temperatur sekitar.  Jangan menempatkan laptop ditempat yang panas karena laptop itu menghasilkan panas, bukan menyerap panas
  • Bersihkan keyboard dari debu. Keyboard yang kotor dapat membuat salah satu tutsnya macet, jadi sering-seringlah membersihkannya agar tidak terjadi kemacetan pada tuts. Semprot agar kotoran keluar dari sarang lakukan penyemprotan di seluruh sudut keyboard. Untuk membersihkan sela-sela laptop lakukan dengan cotton bud secara hati-hati. Kemudaian ganti catton bud yang ssudah kototr dengan yang baru.
  •  Jaga kebersihan display monitor.
  • Hindari Asap. Asap juga bisa merusak sirkuit didalamrangkaian elektrik. Apalagi asap rokok.
  • Jika laptop mengalami overheat maka gunakan kipas tambah
  •  Kabel yang berantakan dan tidak tertata bisa menyebabkan korsleting. Kalau bisa susun rapi
  • Jauhkan benda yang mengandung medan magnet Hal ini akan mengakibatkan warna monitor akan menjadi tidak rata atau belang–belang karena pengaruh medan magnet yang ada pada barang tersebut. jadi, tolong ya jauhkan monitor dari benda seperti hp, speaker dan lainnya yang mengandung magnet.
  • Menstabilkan tegangan listrik tegangan kadang tinggi atau malah justru rendah (spanning) dalam jangka panjang akan menyebabkan komputer mati secara mendadak tanpa proses Shutdown. Selalu monitoring kondisi listrik di rumah anda, jika berada pada daerah yang sering terjadi pemadaman listrik (kebanyakan luar jawa) harap menggunakan UPS (semacam penampung daya sementara agar dapat mematikan komputer dengan benar menggunakan proses shutdown) dan stabilizer (penstabil tegangan listrik) untuk mengantisipasi.
  • Jangan Menggunakan Laptop diatas Tempat Tidur Bermain laptop baik itu internetan maupun bermain game diatas laptop adalah suatu hal yang menyenangkan. Namun perlu Anda ketahui bahwa menggunakan laptop diatas tempat tidur membuat laptop Anda cepat panas hingga menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan. Solusinya agar Anda tetap dapat beraktivitas didepan laptop diatas tempat tidur, gunakanlah alas laptop dengan benda yang kering dan keras. Lebih baik lagi jika menggunakan meja laptop lipat yang kini telah banyak dijual.
  • Gunakan Pelindung Laptop Saat Berada dalam Tas Sering kali kita membawa laptop ke kampus, sekolah, kantor dan tempat lainnya yang berhubungan dengan aktivitas laptop. Alat untuk membawa laptop seperti tas adalah media yang wajib Anda perhatikan. Saat membawa laptop menggunakan tas, pakailah tas yang memiliki pelindung khusus laptop untuk menghindari laptop dari benturan benda keras dan kebasaan saat hujan turun. Maka dari itu belilah tas yang memiliki pelindung khusus untuk laptop, tas ini sudah banyak dijual diberbagai pasar penjualan indonesia dengan harga yang terjangkau.
  • Hindari Penggunaan Laptop dalam Waktu yang Lama Kebanyakan orang penggila game online dan termasuk juga para blogger yang mengolah blognya agar tetap update setip hari menggunakan laptop sepanjang hari. Perlu Anda ketahui bahwa laptop tidaklah sekuat komputer yang dapat beroprasi selama seharian. Menurut saya lama penggunaan laptop yang baik adalah 5 jam, setelah itu biarkan laptop Anda untuk beristirahat agar prosesor dan mesin laptop dapat istirahat dari kerja panjangnnya. Apa lagi jika anda menggunakan laptop dengan spesifikasi yang redah akan memperparah keadaan degan menggunakan laptop tanpa kenal waktu.
2.    Maintenance software
Seperti yang saya katakan tadi maintenance pada software lebih sulit dibanding pada hardware karena software tidak bisa dilihat dengan mata atau tidak tervisualisasikan. Jadi kalau mau tahu Laptop kita bermasalah di softwarenya maka harus merasakan bagaimana rasanya. Langsung dengan pemakaian. Biasanya ada software khusus untuk melakukan perawatan pada Laptop Tapi sistem bawaan sendiri udah dikasih tools yang berguna untuk merawat Laptop kita.
  • Gunakan Operating System yang sesuai sistem operasi akan sangat berpengaruh dengan spesifikasi komputer yang akan digunakan. disarankan agar diatas batas minimum dari hardware agar dalam penggunaan dapat maksimal. sehingga, Aplikasi dan volume data dengan spesifikasi Komputer yang digunakan.
  • gunakan program aplikasi sesuai kebutuhan dengan menggunakan program aplikasi sesuai kebutuhan tentunya akan memperpanjang umur dari software (lepas dari kode registrasi atau key setiap program aplikasi).
  • Maintenance disk (disk defragment dan disk cleaner). Disk defragment biar sistem mengatur file-file kita secara rapi dan mandiri. tidak usah kita suruh-suruh.  Sedangkan cleaner berfungsih untuk membersihkan disk kita dari sampah metabolisme sisa kinerja komputer/laptop.
  • Bersihin Recycle Bin secara teratur. Bersihkan tiap 1 minggu sekali karena dalam satu minggu biasanya banyak file draft/revisi yang masuk ke Recycle Bin.
  • Update Windows Update dan Antivirus. saya sangat merekomendasikan Update Windows tapi untuk antivirus tidak. Kenapa? Kenapa tidak pakai. Selama kita masih bisa menjaga performance secara manual kenapa tidak. Sedangkan kemampuan analisa manusia lebih baik daripada analisa sebuah sistem atau software.
  • Uninstall program tidak perlu bagi yang tidak tahu mengenai program aplikasi, khususnya yang sering internetan dan sering download program tidak jelas. tentunya, akan membuat Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak
  • Jangan Download Software Sembarangan dari Internet Selain merawat hardware atau perangkat keras laptop kita jika harus merawat software atau perangkat lunaknya. Hindarilah mengunduh software pada situs atau blog yang berbagi software bajakan. Downloadlah software pada situs resminya untuk menghindari meyusupnya virus pada laptop Anda. Anti virus juga ikut berperan dalam kasus ini, gunakan antivirus yang selalu update untuk menghindari menyebarnya virus pada laptop.
itu tadi beberapa tips memaintenance sebuah laptop semoga bermanfaaat.
sumber:http://nurhikmahpengenalanhardware.blogspot.co.id/

PUSAT SERVICE DAN UPGRADE KOMPUTER SEMARANG
TERIMA PANGGILAN UNTUK WILAYAH SEMARANG DAN SEKITARNYA

UNTUK INSTANSI PEMERINTAH, KAMI SEDIA NPWP BADAN USAHA CV CIPTA WIHARJA KOMPUTINDO

a
UNTUK SWASTA SEBAGAI KANTOR CABANG, BISA DIBAYAR TEMPO PERIODIK BULANAN/MINGGUAN. 

jasa service komputer panggilan daerah banyumanik
jasa service komputer panggilan daerah gajahmungkur
jasa service komputer panggilan daerah gayamsari
jasa service komputer panggilan daerah semarang selatan
jasa service komputer panggilan daerah semarang timur
jasa service komputer panggilan daerah semarang tengah
jasa service komputer panggilan daerah semarang utara
jasa service komputer panggilan daerah tembalang
untuk service Printer panggilan semarang       : klik disini
untuk refill toner panggilan semarang             : klik  Klik disini atau disini
TELP NO INI AJA GAN KLO MAU PESAN DI JAMIN MURAH MERIAH , ON SITE PULAK 085643563591
   
Image result for logo simbah komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAintenance laptop semarang085643563591

Tegangan Listrik Tidak Stabil Bagi anda yang menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai, alias langsung menggunakan tenaga listrik, maka...